Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta kehidupan yang harmonis antarwarga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.space

Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.

Jawaban

gagasan utama pada setiap paragraf di atas:

Pembahasan

Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran.

Baca Juga :  Pengertian gagasan utama adalah....

Langkah-langkah menentukan gagasan utama:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat.
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  3. Baca kalimat demi kalimat hingga menemukan gagasan utama paragraf. Dalam suatu paragraf, gagasan utama biasanya terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
  4. Tandai gagasan utama setiap paragraf.
  5. Tandai info penting dalam setiap paragraf.

Gagasan utama pada tiap paragraf teks di atas adalah sebagai berikut.

  • Gagasan utama paragraf pertama:
    Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban.” Berdasarkan kalimat tersebut, gagasan utama paragraf pertama adalah setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung gagasan utama paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.
  • Gagasan utama paragraf kedua:
    Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.” Berdasarkan kalimat tersebut, gagasan utama paragraf kedua adalah manfaat pemenuhan hak pendidikan dan pengajaran. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung gagasan utama paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.
  • Gagasan utama paragraf ketiga:
    Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara.” Berdasarkan kalimat tersebut, gagasan utama paragraf ketiga adalah manfaat berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung gagasan utama paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.
  • Gagasan utama paragraf keempat:
    Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.” Berdasarkan kalimat tersebut, gagasan utama paragraf keempat adalah manfaat pemenuhan hak perlindungan hukum. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung gagasan utama paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.
  • Gagasan utama paragraf kelima:
    Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum.” Berdasarkan kalimat tersebut, gagasan utama paragraf kelima adalah Manfaat pemenuhan hak perolehan fasilitas pelayanan kesehatan dalam menciptakan kesejahteraan umum. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung gagasan utama paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.
Baca Juga :  Bagaimana letak pokok pikiran suatu paragraf?

Dengan demikian, gagasan utama pada setiap paragraf di atas:

  1. Gagasan utama paragraf pertama: Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban.
  2. Gagasan utama paragraf kedua: Manfaat pemenuhan hak pendidikan dan pengajaran.
  3. Gagasan utama paragraf ketiga: Manfaat berdasarkan pemenuhan hak warga negara.
  4. Gagasan utama paragraf keempat: Manfaat pemenuhan hak perlindungan hukum.
  5. Gagasan utama paragraf kelima: Manfaat pemenuhan hak perolehan fasilitas pelayanan kesehatan dalam menciptakan kesejahteraan umum.

Leave a Comment