Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial!

Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial!

Pembahasan

Ditinjau dari aspek kewilayahan, negara kita terletak di tengah-tengah benua Australia dan Asia, serta diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Hindia. Posisi yang menyilang ini memberikan keuntungan bagi negara kita berupa lokasi yang sangat strategis, baik dalam pergerakan barang maupun manusia.

Selain dari aspek kewilayahan, posisi silang Indonesia juga dapat ditinjau dari aspek kehidupan sosial. Berikut beberapa aspek kehidupan sosial Indonesia yang terkait dengan posisi silang negara kita:

  1. Penduduk Indonesia berada persis di tengah-tengah antara wilayah terpadat di utara dan terjarang di belahan selatan.
  2. Ideologi kita, Pancasila, tidak memihak ideologi manapun atau persis di tengah ideologi komunisme di utara serta liberalisme di selatan.
  3. Demokrasi Pancasila yang kita terapkan juga berada di tengah-tengah (tidak memihak) antara demokrasi rakyat absolut dan liberal.
  4. Ekonomi Indonesia berada di pertengahan sistem ekonomi kapitalis di selatan dan sosialis di utara.
  5. Masyarakat kita berada di tengah-tengah masyarakat individualis di selatan serta sosialis di wilayah utara.
  6. Kebudayaan kita persis berada di tengah-tengah (mengalami percampuran) antara budaya barat di selatan dengan timur di utara.
  7. Sistem hankan negara kita terdiri dari pertahanan darat (mayoritas) di utara dan maritim (mayoritas) di selatan.
Baca Juga :  Air yang banyak mengandung zat asam arang dapat dengan mudah melarutkan batu kapur. Fenomena tersebut termasuk jenis pelapukan ....

Leave a Comment